Peraturan Terkait PMPRB :

1. Permenpan RB nomor 1 tahun 2012 tentang pedoman PMPRB

2. PEDOMAN MANUAL

3. Permen PANRB No. 26 Tahun 2020 EVALUASI PRB

4. LKE Manual RB 2021

Sebelum menginput LKE secara online, terlebih dahulu mempersiapkannya dengan mengisi LKE Secara Manual.

CONTOH PEMENUHAN DOKUMEN UNTUK LKE :

No

Area Perubahan

Dokumen yang Harus dipenuhi

MANAJEMEN PERUBAHAN

1

Tim Reformasi Birokrasi

1. SK Tim RB
2. SOP perencanaan dan evalusi
3. Rencana Kerja
4. Hasil Monitoring dan Evaluasi
5. Tindaklanjut hasil evaluasi

2

Road Map Reformasi Birokrasi

1. Rencana Kerja RB
2. Bukti sosialisasi rencana Kerja
3. hasil reviu keselarasan Rencana kerja

3

Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi

1. SK/ST tim asesor internal
2. Asesor internal telah memiliki kompetensi RB secara memadai
3. Terdapat rencana aksi tindaklanjut
4. telah ada hasil pemantauan dan evaluasi rencana kerja

4

Perubahan pola pikir dan budaya kinerja

1. SOP pedoman penyelenggaraan perubahan Pola pikir dan budaya kerja dengan keterlibatan pimpinan
2. Terdapat SK Kelompok Budaya Kerja/  agent of change ataupun role model
3. Terdapat rencana dan laporan perubahan Pola pikir dan budaya kerja
4. Bukti penyelenggaraan KBK Terdapat keterlibatan pimpinan tertinggi/pimpinan unit kerja secara aktif dan berkelanjutan dalam pelaksanaan KBK dan reformasi birokrasi sampai ke pimpinan menengah dan bawah

 

1

Harmonisasi

1. Terdapat SOP penyusunanperaturan/ pedoman/sistem/ SOP/juklak yang memuat pengusulan peraturan perundangan, dan reviu/ evaluasi/revisi di tingkat PD dan kooordinasi ke PD terkait
2.  Terdapat hasil identifikasi, analisis, dan pemetaan terhadap peraturan perundang-undangan yang tidak harmonis/sinkron yang akan direvisi/dihapus
3. Bukti revisi peraturan/ pedoman/sistem/ SOP/juklak terkait

PENATAAN DAN PENGUATAN ORGANISASI

1.

Evaluasi Kelembagaan

1. SOP avaluasi kesesuaian struktur organisasi/ Kelembagaan termasuk koordinasi dengan bagian organisasi
2. Hasil evaluasi dan analisa/asessment kesesuaian struktur organisasi
3. hasil reviu bagian organisasi atas hasil evaluasi/asesmen

2

Tindak Lanjut Evaluasi

 

PENATAAN TATALAKSANA

1

Proses bisnis dan prosedur operasional tetap (SOP) kegiatan utama

1. Terdapat SOP peyusunan Peta Proses bisnis
2. Peta Proses Bisnis
3. Bukti penerapan Proses bisnis/SOP
4. Hasil Evaluasi Proses bisnis dan perbaikan

2

Keterbukaan Informasi Publik

1. SOP penyelenggaraan KIP
2. SK tim KIP/PPID
3. Bukti Penerapan KIP
4. Laporan dan Evaluasi KIP

PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

1

Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi

1. SOP Perencanaan kenbutuhan, anjab, ABK
2. Hasil Anjab dan ABK
3. Perhitungan Kebutuhan Pegawai
4. bukti Keselarasan anjab dan ABK dengan kinerja utama/kebutuhan

2

Pengembangan pegawai berbasis kompetensi

1. SOP pengembangan pegawai
2. Telah dilakukan identifikasi kebutuhan
3. bukti penerapan dan Laporan pengembangan pegawai berbasis kompetensi

3

Penetapan kinerja individu

1. SOP pengusulan dan Penetapan Kinerja Individu  dan pengembagan pegawai termasuk reward dan punishment
2. Penetapan Indikator Kinerja Individu (IKI)
3. Penetapan Kinerja Individu sesuai IKI
4. Pengukuran Kinerja Individu dan SKP
5. Monev Kinerja individu dan Capaian SKP
6. Bukti penggunaan penilaian kinerja untuk pengembangan karir termasuk Reward and punishment

4

Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai

1. SOP disiplin/kode etik/kode perilaku instansi
2. Bukti osialisasi dan Implementasi SOP
3. hasil montoring dan evaluasi pelaksanaan disiplin/kode etik/kode perilaku  

5

Pelaksanaan evaluasi jabatan

1. SOP penyusunan SKJ
2. Standar Kompetensi Jabatan (SKJ)
3. Implementasi SKJ
4. Hasil Evaluasi jabatan berdasarka SKJ

6.

Sistem Informasi Kepegawaian

1. SOP pengendalian SIK
2. Bukti penerapan dan laporan penyelenggaraan pengendalian SIK

PENGUATAN AKUNTABILITAS

1

Keterlibatan pimpinan

1. SOP penyusunan Renstra (setiap level pimpinan terlibat langsung penyusunan renstra)
2. SK tim penyusunan renstra/ revisi renstra
3. Laporan hasil pemantauan pimpinan puncak sampai bawah atas pencapaian kinerja secara berkala/ evaluasi Renja
4. Bukti Kompetensi dan pengalaman pimpinan ats perencanaan jangka menengah serta pemahaman atas perencanaan (paparan)
5. Perjanjian kinerja dan Action plan pimpinan atas PK yang menunjukkan pemahaman pimpinan

2

Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja

1. SOP sistem Akuntabilitas kinerja  (menyangkut SDM, Pemutakhiran data, dan Pengukuran kinerja berbasis elektronik)
2. laporan hasil pemutakhiran data secara berkala
3. bukti pemanfaatan teknologi informasi untuk pengukuran kinerja

PENGUATAN PENGAWASAN

1

Gratifikasi

Berkas Pelaporan Gratifikasi

2

Penerapan SPIP

SK SPIP

3

Pengaduan Masyarakat

Data Pengaduan Masyarakat

4

Whistle-Blowing System

Data terkait WBS

5

Penanganan Benturan Kepentingan

Data-data Laporan benturan Kepentingan

6

Pembangunan Zona Integritas

Pencanangan PZI,

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

1

Standar Pelayanan

1. Terdapat Standar Pelayanan
2. maklumat atas Standar Pelayanan
3. SOP atas standar pelayanan
4. Reviu atas standar pelayanan
5. Perbaikan SOP

2

Budaya Pelayanan Prima

1. SOP budaya pelayanan prima
2. Bukti sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima
3. Informasi atas Pelayanan mudah diakses
4. Terdapat Ketentuan punishment (sanksi)/reward dan penerapannya
5. Sarana dan Prasarana Sesuai standar
6. Bukti Inovasi pelayanan / Kelompok Budaya Kerja

3

Pengelolaan Pengaduan

1. SOP pengelolaan pengaduan
2. Tersedianya Media Pengaduan Pelayanan
3. Terdapat unit Pengelolaan pengaduan pelayanan
4. Tindaklanjut atas pengaduan
5. Evaluasi atas penanganan dan keluhan

4

Penilaian kepuasan terhadap pelayanan

1. SOP Penilaian Kepuasan
2. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat
3. Hasil SKM dapat diakses secara terbuka
4. bukti Tindaklanjut atas SKM

5

Pemanfaatan Teknologi Informasi

1. rencana Penerapan TI
2. Bukti penerapan TI atas pelayanan
3. Bukti Perbaikan terus menerus