Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., tinjau langsung perbaikan ruas jalan yang amblas di kilometer 14, RT. 28 RW.10 Dusun Kollowijo Suruh, Senin (5/12). Perbaikan jalan tersebut telah dimulai sejak beberapa hari lalu.

Perbaikan jalan saat ini pada tahap pencopotan batas jalan dan pembuatan lubang untuk stose pondasi beton. Saat Bupati Emil tiba dilokasi, pekerja sedang membuat lubang-lubang stros kontruksi beton.

Sebelumnya, jalan nasional yang menghubungkan antara Trenggalek-Pacitan tersebut amblas selebar 2,5 meter dengan panjang lebih dari 40 meter, sehingga sedikit mengganggu pengguna jalan yang melintas. Padahal, jalan tersebut merupakan jalur strategis yang tidak hanya menghubungkan antar kabupaten di Jawa Timur, tetapi juga dengan Jawa Barat.

Amblasnya jalan di kilometer 14 terjadi pada hari terjadi, Jumat (25/11) sekitar pukul 16.00 WIB. Rencananya pelaksana perbaikan jalan akan membuat stros sedalam dua baris dengan dalam 6 hingga 7 meter, dan memanjang kurang lebih 40 meter sesuai dengan kebutuhan. Dari stros beton ini kemudian akan dipasang bangunan tembok penahan dengan kontruksi beton bertulang.

Dalam peninjauan tersebut, Bupati Emil Dardak menyampaikan bahwa perbaikan jalan nasional yang amblas di Kecamatan Suruh mulai dikerjakan. Kontruksi yang dipakai menggunakan pondasi tiang yang dicor ke dalam lubang yang dibor sedalam kurang lebih 6 meter.

"Saat saya tanya soal tata air, mereka akan melakukan dengan pipa dinding dengan jarak sekitar 0,5 meter," ucap Wakil Ketua APKASI tersebut.

 

Dengan telah dimulainya perbaikan ini, diharapkan oleh bupati bahwa jalur vital yang menghubungkan antara Trenggalek